• Minggu, 06 Oktober 2024
image of esnline

Akhiri Perjalanan Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Alihkan Fokus Ke Kualifikasi Piala Dunia 2026!

Esnline Indonesia, Akhiri Perjalanan Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Alihkan Fokus Ke Kualifikasi Piala Dunia 2026!
Esnline Indonesia,

Perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 (2024) berakhir setelah mengalami kekalahan telak 0-4 dari Australia pada babak 16 besar. Gol-gol dicetak oleh bunuh diri Elkan Baggot menit ke-12, Martin Boyle di menit 45, Craig Goodwin di menit ke-89, sebelum ditutup Harry Souttar pada menit 90 + 1. Walaupun menelan kekalahan, performa atraktif timnas Indonesia patut diapresiasi, terutama pada babak pertama. Performa ini makin impresif mengingat skuad Garuda tampil dengan status peringkat FIFA terendah kedua dari seluruh negara partisipan bermaterikan skuad termuda dalam turnamen.

Meskipun dari Australia, perjalanan ini menjadi rekor terbaik Indonesia sejak periode turbulensi pada 2010 dan 2015. Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah absen dalam empat edisi Piala Asia berturut-turut antara 1996 dan 2007, kini menancapkan tonggak baru dengan mencapai babak penyisihan. Shin Tae-Yong, bersama tim asuhannya, menciptakan menandai rekor baru bagi Indonesia untuk menatap masa depan. Seiring berakhirnya Piala Asia 2023, Shin Tae-Yong memberikan apresiasi kepada para pemainnya yang telah menampilkan performa terbaik selama turnamen.

 

Setelah tersingkir dari Piala Asia 2023, skuad Garuda harus segera mengalihkan fokus untuk menghadapi Vietnam dalam kompetisi bertajuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kemenangan tentu menjadi harga mati apabila timnas Indonesia masih ingin menjaga asa untuk lolos setelah sebelumnya menelan kekalahan atas Irak dan hanya mampu bermain imbang melawan Filipina. Meski hanya mampu mencetak tiga gol dan kebobolan sepuluh kali selama turnamen, prestasi ini menjadi tonggak bersejarah, menandai sebuah revolusi nyata yang terjadi di dalam tubuh timnas Indonesia secara keseluruhan.

image of esnline

Penulis di ESNLine Sejak 20 November 2021

Lihat Semua Post