• Minggu, 06 Oktober 2024
image of esnline

Analisis Skuad Euro 2024 : Kroasia, Ambisi Besar Di Penghujung Karir Sang Kapten

Esnline Indonesia, Analisis Skuad Euro 2024_Kroasia, Ambisi Besar Di Penghujung Karir Sang Kapten.
Esnline Indonesia,

Prospek Kroasia sebagai kuda hitam di berbagai kompetisi sepertinya masih akan berlanjut di gelaran Euro 2024. Dibawah komando pelatih Zlatko Dalic, Kroasia menjelma menjadi tim kejutan yang ditakuti. Pasalnya Dalic merupakan salah satu pelatih dengan masa bakti internasional terpanjang. Dalic yang diangkat pada tahun 2017 silam, telah membawa Kroasia mencapai final Piala Dunia 2018 hingga semifinal Piala Dunia 2022. Dengan situasi kontraknya yang baru saja diperpanjang hingga Piala Dunia 2026, menandakan kepercayaan penuh federasi sepak bola Kroasia terhadap kinerja Dalic untuk membawa prestasi.

 

Sang maestro, Luka Modric di usianya yang sudah menginjak 39 tahun, masih akan menjadi ikon yang memimpin tim ini. Selain Modric, terdapat beberapa pemain kunci lainnya termasuk Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic dan Josko Gvardiol. Gvardiol, bek muda berusia 22 tahun yang bermain untuk Manchester City ini diharapkan bisa menjadi bintang masa depan untuk tim. Sedangkan, nama-nama seperti Ivan Perisic dan Andrej Kramaric masih akan diandalkan sebagai juru gedor di lini penyerangan. Melihat deretan pemain senior yang dimiliki, rasanya tak heran jika Kroasia dijuluki sebagai “Pasukan Para Ayah”.

 

 

Secara taktik, Dalic biasanya mengusung formasi 4-3-3 yang berfokus pada penguasaan bola dan pertahanan yang solid. Filosofi ini telah terbukti efektif, meski ada kelemahan pada faktor fisik terkait usia dari beberapa pemain kunci. Kekuatan utama Kroasia sendiri terletak pada pengalaman dan kedalaman taktis yang dimiliki oleh skuad veteran mereka. Namun kelemahan mungkin terlihat dalam segi kecepatan dan energi, jika dibandingkan tim-tim yang lebih muda. Meski begitu, ambisi Kroasia untuk melaju jauh di penghujung karir sang kapten, Luka Modric akan menjadi faktor krusial di gelaran Euro 2024 kali ini.

 

Inilah prediksi Starting Eleven Kroasia dan formasi yang berpotensi digunakan Dalic di Euro 2024!

 

Prediksi formasi : 4-3-3

  • Kiper : Dominik Livakovic
  • Bek : Josip Juranovic (bek kanan), Domagoj Vida (bek tengah), Josko Gvardiol (bek tengah), Josip Stanisic (bek kiri)
  • Gelandang : Marcelo Brozovic (gelandang bertahan), Luka Modric (gelandang tengah), Mateo Kovacic (gelandang tengah)
  • Penyerang : Mario Pasalic (penyerang kanan), Andrej Kramaric (striker), Ivan Perisic (penyerang kiri)
image of esnline

Penulis di ESNLine Sejak 20 November 2021

Lihat Semua Post