• Minggu, 06 Oktober 2024
image of esnline

Lionel Messi Dipastikan Bakal Jadi Pengguna Nomor 10 Terakhir Bagi Timnas Argentina

Esnline Indonesia, Lionel Messi Dipastikan Bakal Jadi Pengguna Nomor 10 Terakhir Bagi Timnas Argentina.
Esnline Indonesia,

Timnas Argentina baru saja membuat sebuah pernyataan mengejutkan untuk mempensiunkan nomor punggung 10 bagi Lionel Messi. Di dunia sepakbola nomor 10 menggambarkan ikon dari sebuah tim, dimana hanya bintang paling bersinar yang diberi kehormatan untuk mengenakannya. Nomor 10 di Argentina sendiri nomor ini selalu dikenakan oleh pemain kaliber bintang seperti Juan Román Riquelme dan Ricardo Bochini. Nama Lionel Messi juga termasuk ke dalam daftar pemain yang tak terpisahkan dari nomor ikonik ini. Di mata Argentina, La Pulga menempati posisi spesial di samping legenda Diego Maradona, faktor inilah yang meyakinkan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) untuk memberikan kehormatan tersebut kepadanya.

AFA, di bawah kepemimpinan presiden Claudio 'Chiqui' Tapia, secara resmi memutuskan untuk mempensiunkan nomor punggung 10 sebagai penghormatan kepada Lionel Messi. Keputusan ini diambil setelah timnas Argentina meraih gelar Piala Dunia Qatar 2022. Tapia menyatakan bahwa ketika Messi memutuskan untuk pensiun dari tim nasional, tak akan ada pemain lain yang diizinkan mengenakan nomor 10 setelahnya. AFA pernah mempertimbangkan hal serupa kala Maradona pensiun pada tahun 1997 lalu, saat itu keputusan ini terganjal aturan FIFA yang mengharuskan pemain menggunakan nomor 1 hingga 23 selama kompetisi resmi tim nasional.

Meski Messi masih aktif sebagai pemain La Albiceleste, publik sepakbola akan melihat nomor punggung 10 tersebut dipensiunkan untuk selamanya kapanpun bintang Albiceleste ini memutuskan untuk mengucapkan perpisahan dari sepak bola internasional. Keputusan ini mendapat respons beragam, dengan beberapa pihak masih berpendapat bahwa penghormatan tersebut harusnya dianugerahkan kepada Maradona, sementara yang lainnya memberi dukungan untuk putusan ini. Apapun keputusan FIFA nantinya, momen perpisahan La Pulga dengan nomor 10 ikoniknya akan menjadi waktu yang emosional bagi seluruh komunitas sepakbola.

image of esnline

Penulis di ESNLine Sejak 20 November 2021

Lihat Semua Post