• Minggu, 06 Oktober 2024
image of esnline

Menang Piala FA, Manchester United Malah Terancam Turun Kasta!

Esnline Indonesia, Menang Piala FA, Manchester United Malah Terancam Turun Kasta!
Esnline Indonesia,

Manchester United baru saja meraih kemenangan penting di final Piala FA melawan Manchester City dengan skor 2-1, dan memastikan tempat mereka di Liga Europa musim depan. Kemenangan ini sekaligus menggeser Chelsea ke Liga Konferensi Eropa, serta Newcastle tereliminasi dari kompetisi Eropa. Meski demikian, status partisipasi Manchester United di Liga Europa terancam akibat masalah kepemilikan klub. Sebelumnya kasus ini pernah menjadi bahasan para penikmat sepakbola, setelah Ineos mengambil saham minoritas pada beberapa waktu lalu.

 

Akuisisi Manchester United oleh Sir Jim Ratcliffe melalui Ineos, menimbulkan konflik yang bertentangan dengan peraturan UEFA. Pasalnya sebelum mengakuisisi 27,7% saham United, Ratcliffe telah membeli Nice pada tahun 2019 seharga sekitar 89 juta Pounds atau setara 1,7 triliun Rupiah. Sementara peraturan UEFA tidak mengizinkan seseorang memiliki pengaruh atas lebih dari satu klub, yang berkompetisi di turnamen yang sama. Faktor inilah yang dapat memungkinkan United, terdegradasi ke Liga Konferensi Eropa.

 

 

Konflik ini menunjukkan betapa kompleks-nya masalah kepemilikan multi-klub dalam dunia sepak bola modern. RB Salzburg dan RB Leipzig yang dimiliki oleh Red Bull GmbH, tetap diizinkan bermain di Liga Champions setelah menyelesaikan masalah kepemilikan dan pengaruh antar klub. Situasi serupa juga dialami oleh Brighton dan Aston Villa, setelah pemiliknya mengurangi saham di klub Eropa lainnya menjadi di bawah 30%. Kedepannya Manchester United sepertinya akan fokus menyelesaikan konflik ini terlebih dahulu, agar dapat berkompetisi di panggung Eropa.

image of esnline

Penulis di ESNLine Sejak 20 November 2021

Lihat Semua Post