• Minggu, 06 Oktober 2024
image of esnline

Patahkan Rekor Suram, Timnas Indonesia Catat Sejarah Lolos 16 Besar Piala Asia 2023!

Esnline Indonesia, Patahkan Rekor Suram, Timnas Indonesia Catat Sejarah Lolos 16 Besar Piala Asia 2023!
Esnline Indonesia,

Tim Nasional (Timnas) Indonesia mencatat sejarah baru pada Piala Asia 2023 dengan berhasil melangkah ke babak 16 besar untuk pertama kalinya. Tak hanya mencatat sejarah baru, namun lolosnya timnas Garuda menjadi bukti dari progres Indonesia di bawah pelatih Shin Tae-Yong. Sebelumnya, Indonesia sudah empat kali berpartisipasi di Piala Asia, yakni pada edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007, namun selalu tersingkir di fase grup. Keberhasilan mencapai babak gugur ini menjadi prestasi gemilang setelah Timnas Indonesia menempati peringkat tiga terbaik di fase penyisihan grup, setelah persaingan ketat dengan tiga tim lainnya di grup B, C, dan E.

Tiket Indonesia ke babak 16 besar terjamin setelah pertandingan antara Kyrgyzstan vs Oman di grup F berakhir imbang 1-1. Dengan hasil tersebut, Indonesia berhasil memimpin dengan 3 poin, sementara Oman hanya memiliki 2 poin dan Kyrgyzstan sebanyak 1 poin. Pertandingan selanjutnya untuk Timnas Indonesia akan berlangsung pada 28 Januari 2024, di mana panji Merah Putih akan menghadapi Timnas Australia di Jassim Bin Hamad Stadium. Australia sendiri telah membuktikan tajinya dengan mengakhiri grup B dengan status pemuncak klasemen, membuat pertandingan ini menjadi ujian besar bagi perjalanan Indonesia.

 

Selain Indonesia, tiga negara lainnya juga turut mencatat sejarah, dimana Suriah, Palestina, dan Tajikistan, juga berhasil melangkah ke babak 16 besar pada Piala Asia 2023. Rekor ini tentunya juga menjadi tanda perkembangan yang terjadi dalam tubuh timnas Indonesia setelah ditangani oleh pelatih Shin Tae-Yong. Dengan bermaterikan pemain-pemain muda diaspora seperti Ivar Jenner, Justin Hubner dan Rafael Struick yang dipadukan dengan talenta lokal seperti Marselino Ferdinan dan Arhan Pratama terbukti jadi racikan terbaik untuk mengangkat performa timnas Indonesia. Sekali lagi, selamat dan terus berjuang untuk Timnas Indonesia!

image of esnline

Penulis di ESNLine Sejak 20 November 2021

Lihat Semua Post