• Minggu, 06 Oktober 2024
image of esnline

36 Klub Bakal Berpartisipasi! Intip Perubahan Format UEFA Champions League

Esnline Indonesia, 36 Klub Bakal Berpartisipasi! Intip Perubahan Format UEFA Champions League.
Esnline Indonesia,

Pada Senin 4 Maret, UEFA mengkonfirmasi format baru untuk Liga Champions yang akan diperkenalkan mulai musim 2024-2025. Format baru ini sendiri akan menekankan seleksi berdasarkan 'nilai bermain' dengan beberapa tim terbesar berhadapan satu sama lain secara konsisten. Model ini didasarkan pada format "Super League" yang dibatalkan, format baru ini dikenal sebagai "Model Swiss" dan menandai perubahan dari format grup tradisional. Tidak seperti format saat ini di mana 32 tim bermain di babak grup dalam delapan grup, akan ada 36 tim yang berpartisipasi dalam fase tersebut.

 

BACA JUGA

Banjir Kritikan Di Sosial Media, Wahyudi Hamisi Sampaikan Permintaan Maaf

 

Tim akan memainkan delapan pertandingan di fase liga baru (yang tadinya dikenal sebagai babak grup). Mereka tidak akan lagi bermain tiga lawan dua kali - di kandang dan tandang - tetapi akan menghadapi pertandingan melawan delapan tim berbeda, memainkan setengah pertandingan tersebut di kandang dan setengahnya lagi tandang. Untuk menentukan delapan lawan yang berbeda, tim awalnya akan diurutkan dalam empat pot peringkat. Setiap tim kemudian akan diundi untuk bermain melawan dua lawan dari masing-masing pot ini, memainkan satu pertandingan melawan tim dari setiap pot di kandang, dan satu tandang.

BACA JUGA

Muncul Sponsor Baru, Piala AFF Resmi Ubah Nama Jadi ASEAN Cup

 

Aturan baru juga mencakup format 16 besar dimana delapan tim teratas dalam liga akan lolos secara otomatis, sementara tim yang berada di posisi 9 hingga 24 akan bersaing dalam babak play-off dua leg untuk mengamankan jalur mereka ke 16 besar kompetisi. Tim yang finis di peringkat 25 atau lebih rendah akan tereliminasi, tanpa akses ke Liga Europa UEFA. Dari babak 16 besar inilah, nantinya kompetisi akan tetap mengikuti formatnya yang ada. Meski diterpa pro dan kontra, Presiden UEFA Aleksander Čeferin sendiri mengaku bahwa format ini akan menjadi awal untuk mempererat persatuan di ranah sepakbola Benua Biru.

 

Saksikan Live Streaming GRATIS laga panas minggu ini dengan join telegram channel BYD Sports, disini!

 

image of esnline

Penulis di ESNLine Sejak 20 November 2021

Lihat Semua Post