• Minggu, 06 Oktober 2024
image of esnline

Fans Inggris Emosi! NIKE Diboikot Setelah Gunakan Salib St. George Di Jersey Tim

Esnline Indonesia, Fans Inggris Emosi! NIKE Diboikot Setelah Gunakan Salib St. George Di Jersey Tim.
Esnline Indonesia,

Kontroversi muncul ketika Nike baru saja mengumumkan desain terbaru mereka untuk Tim Nasional Inggris. Dalam jersey yang didominasi oleh warna putih ciri khas Tiga Singa terdapat tambahan berupa logo salib St. George yang dicetak pada bagian kerah. Sontak perubahan ini membuat penggemar murka, karena mereka beranggapan bahwa kemunculan ini mengubah identitas bendera negara Inggris secara keseluruhan. Bahkan, beberapa pihak menyebut jersey ini sebagai 'woke' dan 'dumb'.

 

BACA JUGA

Masih Dendam, Joao Cancelo Sebut Guardiola Pembohong Hingga Sindir Manchester City!

 

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) dan produsen Nike sendiri menjelaskan makna dibalik desain tersebut, serta menegaskan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk menarik jersey tersebut. Nike menggambarkan warna biru navy, biru muda dan ungu sebagai 'pembaruan yang bermain-main' pada bendera negara. Mereka mengatakan bahwa jersey yang diubah bukanlah tindakan virtue-signalling tetapi sebuah penghormatan kepada pemenang Piala Dunia 1966. Respons Nike ini justru dibalas keras oleh beberapa pelaku dunia sepakbola.

BACA JUGA

Muncul Sponsor Baru, Piala AFF Resmi Ubah Nama Jadi ASEAN Cup

 

Simon Jordan, kolumnis Mail Sport, menyatakan, "Tidak ada negara lain yang akan mengizinkan hal ini terjadi." Ia menambahkan bahwa FA juga ikut serta dalam masalah ini. Chris Sutton menyebut desain tersebut sebagai 'omong kosong' dalam podcast It's All Kicking Off, sementara Sir Keir Starmer dan anggota Parlemen Lee Anderson juga menyuarakan ketidakpuasan mereka terhadap perubahan ini. Masih perlu ditunggu bagaimana saga ini akan berakhir dan bagaimana nantinya hasil dari desain jersey Inggris.

 

Saksikan Live Streaming GRATIS laga panas minggu ini dengan join telegram channel BYD Sports, disini!

 

image of esnline

Penulis di ESNLine Sejak 20 November 2021

Lihat Semua Post