• Minggu, 06 Oktober 2024
image of esnline

Mandat Baru Jokowi, Luhut Resmi Jadi Ketua Tim Percepatan Pengembangan Industri Game Nasional

Esnline Indonesia, Mandat Baru Jokowi, Luhut Resmi Jadi Ketua Tim Percepatan Pengembangan Industri Game Nasional.
Esnline Indonesia,

Tugas baru kembali diberikan Jokowi untuk seorang Luhut Binsar Panjaitan, yang tentunya kali ini ia bakal ditempatkan dalam bidang yang cukup unik. Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai Ketua Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Industri Game Nasional, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2024. Mandat ini menambah sederet jabatan yang diemban oleh Luhut sendiri. Sebelumnya, ia sudah ditunjuk Jokowi sebagai ketua satgas percepatan perolehan tanah dan investasi IKN. Mandat ini tentunya semakin menambah peran Luhut dalam perkembangan di Indonesia secara keseluruhan.

Mengingat bahwa di masa kini minat terhadap game meningkat dengan begitu pesat, pemerintah merasa perlunya sebuah tim yang nantinya bakal secara intensif menangani pengembangan industri modern ini. "Pada tahun 2025, pasar game di Indonesia diperkirakan mencapai US$ 2.500.000.000 atau setara Rp 36 triliun," mengutip pernyataan Lampiran Perpres nomor 19 tahun 2024, Rabu (14/2). Besaran ini tentunya menjanjikan potensi pengembangan yang besar sehingga tim khusus ini dibentuk untuk mengkoordinasikan kebijakan, menyusun strategi, dan memantau Program Percepatan Pengembangan Industri Game Nasional. 

 

Tim khusus ini sendiri nantinya akan melibatkan berbagai anggota kementerian/lembaga serta gubernur sebagai anggota. Selain Luhut, tim ini juga melibatkan sejumlah menteri koordinator, kepala lembaga, dan gubernur sebagai anggota, dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Ketua Pelaksana Harian. Perpres ini menegaskan bahwa posisi Gubernur Bank Indonesia dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan sebagai Wakil Ketua Pengarah tidak mengurangi independensi mereka dalam menjalankan tugas sesuai peraturan yang berlaku. Mandat baru ini tentu semakin menekankan gelar baru yang disematkan masyarakat kepada Luhut sebagai menteri segala urusan.

image of esnline

Penulis di ESNLine Sejak 20 November 2021

Lihat Semua Post