• Minggu, 06 Oktober 2024
image of esnline

Politik Semakin Memanas! Brasil Terancam Dicoret Dari FIFA

Esnline Indonesia, Tim Nasional Sepakbola Brasil pada FIFA Piala Dunia Qatar 2022.
Esnline Indonesia,

FIFA baru saja mengejutkan publik pecinta sepakbola dengan pengumuman pencoretan seluruh anggota Federasi Sepakbola Brasil (CBF) dari kompetisi internasional. Keputusan ini muncul menyusul langkah Pengadilan Rio de Janeiro yang mencopot Ednaldo Rodrigues dari kursi presiden CBF dan memaksa pemilihan presiden baru dalam 30 hari. Intervensi ini jelas langsung memicu reaksi dari FIFA selaku wadah utama dari sepakbola internasional. FIFA dengan tegas tak mentolerir campur tangan pemerintah dalam urusan sepakbola, bahkan mereka mengirim surat pernyataan ke CBF sebagai respons terhadap pemecatan tersebut.

Ancaman ini melibatkan seluruh struktur sepakbola Brasil, termasuk tim nasional dan klub, jika mereka tak segera menuruti aturan FIFA. CBF berpotensi dikenai sanksi berat, termasuk larangan bagi tim nasional Brasil, baik pria maupun wanita, serta klub-klub Brasil untuk berpartisipasi dalam kompetisi apa pun di bawah naungan FIFA. Keputusan ini dapat berdampak pada keikutsertaan tim nasional Brasil dalam Copa America 2024 di Amerika Serikat dan kualifikasi Piala Dunia 2026. Hal ini tentu akan menjadi pukulan telak bagi publik sepakbola Brasil yang punya historis kental dengan olahraga sepakbola.

Ancaman ini tentunya harus ditanggapi dengan serius oleh pihak CBF yang notabene merupakan negara di bawah naungan FIFA. Apabila CBF akhirnya dibekukan oleh FIFA, maka CBF secara langsung akan kehilangan semua hak keanggotaannya dan sampai suspensi dicabut oleh FIFA. Ini juga berarti bahwa CBF, tim perwakilan, dan klub tidak lagi memiliki hak untuk berpartisipasi dalam kompetisi internasional selama masa suspensi. FIFA sendiri saat ini telah mengirimkan perwakilannya ke Brasil pada awal Januari 2024 untuk berdialog dengan pihak-pihak terkait guna mencari solusi terhadap situasi saat ini.

 

image of esnline

Penulis di ESNLine Sejak 20 November 2021

Lihat Semua Post